72.34 F
Kepualauan Riau
Februari 27, 2024
https://www.regalianews.com

Bea Cukai Musnahkan Beragam Barang Ilegal

Hukum & Kriminal

Bea Cukai Musnahkan Beragam Barang Ilegal
Beragam Barang Ilegal Dimusnahkan.

Regalia News – Kegiatan pemusnahan berbagai barang ilegal yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) dan Bea Cukai Makassar, pemusnahan dilakukan di halaman Gedung Keuangan Negara Makassar pada Selasa, 05 Desember 2023.

Barang-barang ilegal yang dimusnahkan meliputi hasil tembakau (HT), minuman mengandung etil alkohol (MMEA), serta barang larangan dan pembatasan berupa ballpress, kosmetik, obat-obatan, dan buku.

Jumlah barang yang dimusnahkan termasuk 7.320.020 batang rokok ilegal, 119 kilogram tembakau iris (TIS), 2.002,1 liter MMEA, 61 buah buku, 20 botol obat-obatan, 117 buah produk kosmetik, serta 213 ballpress, nilai keseluruhan barang yang dimusnahkan mencapai Rp10.390.556.700,00, dengan rokok ilegal menyumbang nilai terbesar sebesar Rp8.783.021.700,00.

Kepala Kanwil Bea Cukai Sulbagsel, Djaka Kusmartata, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sejalan dengan fungsi Bea Cukai sebagai community protector dan revenue collector, Bea Cukai bertugas melakukan pengawasan dan pengendalian peredaran barang kena cukai (BKC) untuk mencegah dampak negatif bagi masyarakat dan sebagai upaya mencegah kerugian bagi penerimaan negara dari sektor cukai.

Pemusnahan barang ilegal ini merupakan hasil kinerja Bea Cukai bersama aparat penegak hukum (APH) terkait di Makassar dan sekitarnya, terima kasih disampaikan kepada perwakilan dari berbagai instansi seperti Pomdam XIV Hasanuddin, Kejati Sulsel, Kejari Makassar, Lantamal VI Makassar, Polres Pelabuhan, BNN Provinsi Sulsel, BPOM, Desperidang Sulsel, serta Kemenkeu Satu Sulsel.

Mencerminkan upaya pemerintah dalam menjaga keamanan masyarakat, melindungi konsumen dari barang ilegal, dan memastikan penerimaan negara dari sektor cukai tetap optimal.

Editor : Abdullah

Sumber ; Admin Web Bea dan Cukai

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1