83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

Komisi III Akan Minta Forkompinda Kepri Bahas Penerapan Tarif Angkutan Sewa Khusus

DPRD Kepri

Komisi III Akan Minta Forkompinda Kepri Bahas Penerapan Tarif Angkutan Sewa Khusus
Komisi III DPRD Kepulauan Riau

Regalia News – Masalah tarif angkutan sewa khusus di Batam, Kepulauan Riau, dan upaya Komisi III DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kepulauan Riau untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. 

Komisi III DPRD Kepulauan Riau, melalui Wakil Ketua Nyanyang Haris Pratamura, meminta kepada pihak aplikator angkutan sewa khusus di Batam untuk menerapkan tarif batas bawah dan tarif batas atas sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Kepulauan Riau Nomor 1066 Tahun 2022.

Wakil Ketua Komisi III memimpin rapat dengar pendapat dengan Dinas Perhubungan Kepulauan Riau, Aliansi Driver Online (ADO) Kota Batam, Organda Kepri, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Kepri, dan sejumlah aplikator angkutan sewa khusus di Kota Batam pada tanggal 5 Januari 2023.

Rapat ini dilaksanakan atas laporan dari Aliansi Driver Online (ADO) Kota Batam, yang menyampaikan bahwa pihak aplikator hingga saat itu belum menerapkan tarif sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Kepulauan Riau Nomor 1066 Tahun 2022.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau, Junaidi, menjelaskan bahwa Surat Keputusan Gubernur Kepri Nomor 1066 Tahun 2023 seharusnya telah diterapkan sejak 29 Desember 2022.

Namun, pihak aplikator belum menerapkannya dengan berbagai alasan. Dinas Perhubungan telah menyurati Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan terkait permasalahan ini.

Junaidi menyampaikan bahwa dalam Surat Keputusan Gubernur tidak tertera sanksi jika operator tidak menjalankan ketentuan tarif. Hal ini juga terkait dengan Peraturan Menteri Perhubungan yang tidak mengatur sanksi dalam konteks ini.

Anggota Komisi III, Irwansyah, menyoroti bahwa masalah tarif angkutan sewa khusus ini telah berlarut-larut karena tidak ada ketegasan dari pemerintah dalam mengaturnya. Ia mengungkapkan kebutuhan akan ketegasan dari pemerintah sebagai regulator di daerah untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Irwansyah menyampaikan bahwa jika peraturan tidak menyebutkan sanksi untuk pelanggaran oleh operator, akan diajukan permintaan kepada Ketua DPRD Kepri untuk melaksanakan rapat koordinasi dengan Forkompinda guna mencari solusi bersama.

Mencerminkan tantangan dalam regulasi dan implementasi tarif angkutan sewa khusus di daerah tersebut, serta kebutuhan akan ketegasan pemerintah dan kerjasama lintas sektor untuk menemukan solusi.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1