https://www.regalianews.com
Image default

Dukung RUPTL Hijau, PLN Siap Tingkatkan Kontribusi EBT

Ekonomi

Regalia News – PLN (Persero) dan pemerintah Indonesia dalam menghadapi era baru yang lebih hijau hingga tahun 2030, Dalam RUPTL 2021-2030, pemerintah Indonesia memperbesar porsi pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT) hingga mencapai 51,6 persen dari total komposisi pembangkit. Hal ini merupakan langkah konkret dalam menjawab Paris Agreement dan berperan aktif dalam mengurangi emisi karbon.

Pemerintah Indonesia, melalui Menteri ESDM Arifin Tasrif, terus aktif dalam memenuhi Paris Agreement dengan menekankan pengembangan energi terbarukan, efisiensi energi, konservasi energi, dan teknologi energi bersih untuk menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Dalam RUPTL 2021-2030, proyeksi pertumbuhan konsumsi listrik diproyeksikan hanya sekitar 4,9 persen rata-rata, yang lebih rendah dibandingkan dengan target pada RUPTL sebelumnya (2019-2028) sekitar 6,4 persen. Ini menunjukkan adanya upaya untuk mengendalikan pertumbuhan listrik.

PLN menyatakan dukungan penuh terhadap upaya pemerintah, termasuk komitmen mencapai bauran energi baru terbarukan sebesar 23 persen pada tahun 2025. Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, juga menyatakan optimisme PLN dalam mengurangi emisi karbon dan melakukan inisiatif strategis untuk mencapai tujuan tersebut.

Langkah-langkah PLN berencana untuk mengganti pembangkit-pembangkit lama dengan teknologi lebih modern, melaksanakan program co-firing di PLTU, meningkatkan keberhasilan COD PLTP dan PLTA, serta melakukan dedieselisasi PLTD menjadi PLTS dengan baterai. Upaya ini diharapkan dapat membantu mencapai target bauran energi dan mendukung visi net zero emission pada tahun 2060.

Tantangan dan Kerja Sama Bersama, PLN mengakui bahwa transisi ke energi terbarukan akan memerlukan kerja sama semua pihak, termasuk dukungan dari pemerintah dan lembaga donor internasional. Upaya ini akan memberikan dampak pada peningkatan biaya, dan kerja sama diharapkan dapat mencari keseimbangan agar tidak memberatkan PLN atau masyarakat secara berlebihan.

langkah-langkah yang positif dan ambisius dalam mendukung peralihan ke energi bersih di Indonesia, mencerminkan tanggapan terhadap isu-isu lingkungan.

Editor ; Abdullah

Sumber : PLN

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1