83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

Menhan Prabowo Resmikan 16 Sumur Air Bersih Besutan Kemhan-Unhan di Maluku Barat Daya

Nasional

Menhan Prabowo Resmikan 16 Sumur Air Bersih Besutan Kemhan-Unhan di Maluku Barat Daya
Foto Istimewa

Regalia News – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah meresmikan 16 titik sumber air bersih di Desa Werwaru, Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) pada Senin, 4 September.

Ini adalah hasil dari upaya tim survei yang dikirim oleh Kemhan dan UNHAN RI yang bekerja sama untuk mengidentifikasi titik-titik air guna mengatasi masalah kekeringan air di pulau tersebut.

Langkah ini merupakan respons terhadap isu ketersediaan air di Pulau Moa yang disampaikan saat Menhan Prabowo mendampingi Presiden Joko Widodo pada kunjungan kerja ke MBD pada tanggal 15 September 2022 lalu.

Proyek ini juga mencerminkan kontribusi UNHAN, sebuah lembaga pendidikan di bawah Kemhan, untuk masyarakat.

Menteri Pertahanan Prabowo menyatakan kebanggaannya atas keberhasilan tim dalam membantu warga dan mengatasi masalah kekurangan air, yang berdampak pada peternakan dan pertanian.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga fasilitas ini dengan baik untuk keberlanjutan pelayanan air bersih kepada masyarakat.

Sebelumnya, peternak kerbau dan kuda di Pulau Moa menghadapi kesulitan mendapatkan air, bahkan menyebabkan kematian hewan-hewan tersebut akibat dehidrasi.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi memberikan petunjuk kepada Menhan Prabowo untuk segera mengambil tindakan. Prabowo kemudian membentuk satuan tugas air yang terdiri dari ahli-ahli di bidang air dari UNHAN RI untuk mengatasi masalah ini.

Menhan Prabowo mengapresiasi kerja keras tim UNHAN RI dan mengatakan bahwa pujian ini seharusnya ditujukan kepada para insinyur yang terlibat dalam proyek ini.

Menteri Pertahanan Prabowo juga mengungkapkan kebanggaannya atas kekompakan dan kerjasama antara warga dan anggota TNI yang ada di Pulau Moa.

Ia berharap bahwa kerja sama ini akan terus berlanjut untuk mewujudkan masa depan yang cerah bagi Indonesia, khususnya di wilayah Maluku yang akan mengalami perkembangan yang pesat.

Editor : Abdullah

Sumber : Biro Humas Setjen Kemhan

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1