83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

Polri Jamin Netralitas Dalam Pemilu, Ini Yang Jadi Pedoman

Politik

Polri Jamin Netralitas dalam Pemilu, Ini yang Jadi Pedoman
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko

Regalia News – Komitmen dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2024, Polri berkomitmen penuh untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2024 dan telah melakukan berbagai langkah untuk memastikan pemilu berjalan aman, damai, dan bermartabat. Feb 3,2024.

Salah satu langkah yang diambil adalah memberikan pengawalan melekat (walkat) kepada Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Paslon Capres dan Cawapres), menjaga situasi Kamtibmas, serta mengamankan logistik pemilu seperti surat suara dan kotak suara.

Netralitas Polri didasarkan pada beberapa hukum dan peraturan, antara lain UU No.2 Tahun 2002 Tentang Polri Pasal 28 ayat (1) dan ayat (2), yang menyatakan bahwa anggota Polri tidak menggunakan hak memilih dan dipilih.

Poin-poin lain yang menjadi dasar netralitas Polri meliputi Peraturan Polri No.7 Tahun 2022 Pasal 4 Huruf H, Surat Telegram No: STR/246/III/OPS.1.3/2022, Surat Telegram Kapolri No: ST/2407/X/HUK 7.1/2023, Lembar Penerangan Kesatuan Nomor: 4/I/HUM.3.4.5/2023/Pensat, dan lain sebagainya.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, menekankan pentingnya dukungan masyarakat untuk menjaga keamanan dan kedamaian selama Pemilu 2024. Ia juga mengimbau agar masyarakat menghindari isu hoaks, SARA, dan politik identitas yang dapat memecah-belah persatuan bangsa.

Polri memberikan arahan kepada personelnya melalui Surat Telegram dan Lembar Penerangan Kesatuan untuk menjaga netralitas dan mencegah/menghindari pelanggaran anggota Polri selama penyelenggaraan Pemilu 2024.

Artikel ini memberikan gambaran tentang langkah-langkah konkret yang diambil oleh Polri dalam rangka menjaga netralitasnya selama Pemilu 2024 dan menegaskan komitmennya terhadap keamanan, ketertiban, dan profesionalisme dalam menjalankan tugasnya.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1