79.54 F
Kepualauan Riau
Maret 5, 2024
https://www.regalianews.com

Operasi Internasional Gabungan Menangkap Pemimpin Sindikat Narkoba Terbesar di Indonesia

Hukum & Kriminal

Operasi Internasional Gabungan Menangkap Pemimpin Sindikat Narkoba Terbesar di Indonesia
Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Mukti Juharsa(Foto Istimewa)

Regalia News –┬áJakarta, 15 Januari 2024 – Direktorat Tindak Pidana Narkoba Polri di bawah kepemimpinan Brigadir Jenderal Mukti Juharsa telah berhasil menyelidiki dan menangkap Fredy Pratama, seorang penguasa narkoba terkenal di Indonesia.

Operasi tersebut melibatkan kerja sama aktif dengan Interpol dan kepolisian asing, termasuk Kepolisian Kerajaan Thailand dan Kepolisian Kerajaan Malaysia.

Polisi berhasil menyita bukti substansial, termasuk 10,2 ton metamfetamin dan ekstasi yang terkait langsung dengan jaringan Fredy Pratama.

Dalam serangkaian penangkapan baru-baru ini, tiga individu terhubung dengan sindikat tersebut juga berhasil diamankan, termasuk Wahyu Wijaya, seorang rekan dekat yang bertanggung jawab atas aspek administratif dan keuangan operasi Fredy Pratama, serta menjadi sopir Fredy di Thailand.

Inspektur Jenderal Krishna Murti, Kepala Divisi Hubungan Internasional Kepolisian Negara Republik Indonesia, memberikan informasi terperinci tentang penangkapan tersebut, menyoroti peran kunci Wahyu dalam operasi sindikat. Dengan penangkapan ini, polisi Indonesia telah memutus salah satu sumber utama pasokan narkoba di negara ini.

Sejak tahun 2020 hingga 2023, polisi telah menangkap total 884 tersangka berdasarkan 408 laporan polisi terkait sindikat Fredy Pratama. Operasi ini diyakini dapat menyelamatkan jutaan nyawa, mengingat sindikat tersebut memiliki dampak signifikan pada perdagangan narkoba di Indonesia.

Analisis dari Direktorat Tindak Pidana Narkoba mengungkapkan bahwa sebagian besar narkotika di Indonesia berafiliasi dengan jaringan Fredy Pratama.

Sindikat ini dikenal berhasil menyelundupkan metamfetamin dan ekstasi ke Indonesia setiap bulan, dengan menggunakan modus operandi menyamarkan metamfetamin dalam kemasan teh.

Kepolisian Indonesia berkomitmen untuk terus melakukan upaya berkelanjutan dalam memerangi perdagangan narkoba di negara ini.

Penangkapan Fredy Pratama dianggap sebagai tonggak penting dalam perang melawan sindikat narkoba, dan polisi akan terus bekerja sama dengan lembaga internasional untuk mengatasi ancaman serupa di masa depan.

Sumber : Humas Mabes Polri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1