83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

Ditreskrimum Polda Kepri TSPHOMKI Amankan Tersangka PMI Ilegal

Hukum & Kriminal

Ditreskrimum Polda Kepri TSPHOMKI Amankan Tersangka PMI Ilegal
Tersangka berinisial S Alias A diamankan berdasarkan atas keterangan tersangka sebelumnya, kemudian berdasarkan keterangan saksi dan alat bukti yang ada, Inisial S Alias A ini adalah sebagai pemilik Kapal yang digunakan untuk mengangkut PMI Ilegal yang tenggelam di Johor Bahru, Malaysia.

Regalia News – Pengungkapan kasus tenggelamnya kapal pengangkut pekerja migran Indonesia ilegal, yang menelan puluhan korban jiwa. Hari ini, Dit Reskrimum Polda Kepri, yang juga merupakan Tim Sub Satgas Penegakkan Hukum Misi Kemanusiaan Internasional, berhasil mengamankan seorang tersangka lagi dengan inisial S Alias A.

Menurut Kabid Humas Polda Kepri, S Alias A diamankan berdasarkan keterangan tersangka sebelumnya, saksi, dan alat bukti yang ada. S Alias A adalah pemilik kapal yang digunakan untuk mengangkut pekerja migran Indonesia ilegal yang tenggelam di Johor Bahru, Malaysia.Konferensi Pers di Polda Kepri.Senin, (3/1/2022).

Tersangka berhasil ditangkap di wilayah Lobam, Tanjung Uban, Provinsi Kepri. Selain sebagai pemilik kapal, S Alias A juga merupakan pemilik tempat keberangkatan pekerja migran ilegal dan tempat penampungan di Sungai Gentong. Dia juga diduga memberikan upah kepada nakhoda dan ABK kapal pengangkut pekerja migran ilegal.

Barang bukti yang berhasil diamankan meliputi rekening koran bank atas nama tersangka. Selain itu, pemeriksaan terhadap istri tersangka juga telah dilakukan.

Tersangka S Alias A dijerat dengan Pasal 4, Pasal 7 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2007 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang dan/atau Pasal 81 dan Pasal 83 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 Tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia dan/atau Pasal 3 Jo Pasal 4 Undang-Undang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Kabid Humas Polda Kepri menyatakan keprihatinan atas kejadian tersebut, namun tim penyidik Dit Reskrimum tetap fokus untuk mengungkap seluruh jaringan terkait kasus ini. Hingga saat ini, lima saksi telah diperiksa, dan penyidik berharap dapat mengungkap tersangka lainnya dalam waktu dekat.

Humas: Polda Kepri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1