https://www.regalianews.com
Image default

Pjs Gubernur Kepri Minta Pemko Batam Memiliki Lab PCR Mandiri

Regalia News – Pernyataan Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Bahtiar Baharuddin, yang meminta Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk lebih serius dalam menangani pencegahan penyebaran Covid-19. 

“Angka kematian yang disebabkan Covid-19 di Provinsi Kepri sudah tembus 96 orang. Dari jumlah tersebut 67 orang berada di Kota Batam. Selain itu, kasus terbesar Covid-19 di Kepri juga berada di Batam,” ujar Bahtiar Baharuddin, Selasa (3/11) di Aula Kantor Gubernur Kepri, Tanjungpinang.

Fokus pada Peningkatan Kemampuan Pemko Batam Bahtiar Baharuddin menekankan pentingnya peningkatan kemampuan Pemko Batam dalam melayani masyarakat. Meskipun demografinya berbeda dengan kota besar lainnya, ia menyatakan bahwa penanganan Covid-19 dapat dilakukan dengan baik.

Ketergantungan pada Alat PCR dari Luar Pjs Gubernur Kepri menyayangkan fakta bahwa Batam tidak memiliki laboratorium PCR secara mandiri, masih bergantung pada fasilitas dari luar seperti RSKI Galang dan BTKLPP Batam.

Pentingnya Lab PCR Mandiri Bahtiar Baharuddin menekankan pentingnya memiliki laboratorium PCR mandiri di Batam sebagai bentuk kesiapan Pemerintah Daerah. Ia mengingatkan bahwa anggaran sekitar Rp5 miliar bisa dipertimbangkan dari APBD Batam untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

“Sekarang ini tergantung kepada Pemko Batamnya, yakni mau dan tidak mau dalam melakukan pencegahan ini. Selain itu bagaimana menggerakan perangkat yang ada untuk mengawasi aktivitas masyarakat. Sehingga penyebaran tidak semakin masif,” tegasnya.

Terkait APBD 2021 Pejabat tersebut mengingatkan Sekretaris Daerah Provinsi Kepri untuk memperhatikan alokasi anggaran Kabupaten/Kota di tahun anggaran 2021 terkait penanganan dan pencegahan Covid-19. Ia menyarankan agar dana yang tidak jelas tidak ditandatangani.

Peringatan terhadap Musim Hujan Bahtiar Baharuddin juga memberikan peringatan terkait musim hujan dan mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Keprihatinan terhadap situasi Covid-19 di Provinsi Kepri, dengan fokus pada upaya peningkatan kemampuan dan kemandirian daerah dalam menangani pandemi.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1