84.07 F
Kepualauan Riau
Juni 13, 2024
https://www.regalianews.com

Jalankan Fungsi Pengawasan Bea Cukai Musnahkan Jutaan Barang Ilegal di Wilayah Aceh

Hukum & Kriminal

Jalankan Fungsi Pengawasan Bea Cukai Musnahkan Jutaan Barang Ilegal di Wilayah Aceh
Bea Cukai Musnahkan Jutaan Barang Ilegal

Regalia News – Banda Aceh, 01 Desember 2023 – Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh, bekerja sama dengan Kantor Bea Cukai Sabang dan Bea Cukai Banda Aceh, telah mengadakan pemusnahan Rokok Ilegal dan berbagai jenis barang ilegal lainnya pada Senin (27/11/2023) di Kanwil Bea Cukai Aceh.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh, Safuadi, mengungkapkan bahwa sebanyak 1.091.904 batang rokok ilegal dan berbagai jenis barang ilegal lainnya telah dimusnahkan dalam kesempatan tersebut. Barang-barang tersebut termasuk sparepart mesin, sex toys, alat bekam, tools perawatan gigi, bagian senjata api, bahan makanan, bubuk kopi, bubuk teh, cairan gel pijat, celak, coklat, eye shadow, eyeliner, dan barang ilegal lainnya.

Proses pemusnahan melibatkan cara-cara tertentu, seperti pemotongan dan pembakaran untuk rokok ilegal, sedangkan sparepart mesin, sex toys, dan barang lainnya dirusak secara fisik sehingga tidak dapat digunakan kembali. Nilai total barang ilegal yang dimusnahkan mencapai Rp1.744.841.600, dengan estimasi total kerugian negara dari potensi penerimaan bea masuk, cukai, dan pajak akibat impor sekitar Rp1.089.587.227.

Barang ilegal yang dimusnahkan merupakan hasil penindakan selama tahun 2022 dan 2023 yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai barang milik negara (BMN). Rokok ilegal dari berbagai merk ini berasal dari operasi pasar dan hasil analisis jual-beli di berbagai marketplace melalui perusahaan ekspedisi di wilayah pengawasan Kanwil Bea Cukai Aceh.

Kanwil Bea Cukai Aceh dan satuan kerjanya senantiasa berkolaborasi dengan aparat penegak hukum, organisasi perangkat daerah, dan instansi terkait lainnya untuk melaksanakan penegakan hukum di wilayah Aceh, terutama dalam bidang kepabeanan dan cukai.

Salah satu misi Bea Cukai adalah melindungi masyarakat dari masuknya barang-barang ilegal dan berbahaya, serta mengoptimalkan penerimaan negara dari sektor kepabeanan dan cukai. Safuadi menegaskan komitmen Bea Cukai untuk terus menjaga tanah air dari barang-barang ilegal dan berbahaya, serta memberantas peredaran rokok ilegal di Indonesia.

Editor : Abdullah

Sumber : Admin Web Bea dan Cukai

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1