84.07 F
Kepualauan Riau
Juni 13, 2024
https://www.regalianews.com

Buron a.n DAP bin NMRN Berhasil Diamankan

Hukum & Kriminal

Buron a.n DAP bin NMRN Berhasil Diamankan
Foto Istimewa

Regalia News –  Penangkapan DAP bin NMRN oleh Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Agung pada tanggal 31 Agustus 2023. DAP bin NMRN merupakan seorang karyawan BUMN dan diduga melakukan penyalahgunaan uang nasabah untuk kepentingan pribadi.

Identitas dan Penangkapan, DAP bin NMRN diamankan oleh Tim Tabur pada tanggal 31 Agustus 2023, sekitar pukul 18.40 WIB di Gg. Bendera III, Cilebut Bar., Kec. Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Tim Tabur berhasil menemukan dan menangkap DAP bin NMRN berdasarkan Surat Perintah Penyidikan yang dikeluarkan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung.

Tindak Pidana yang Diduga Dilakukan, DAP bin NMRN diduga menggunakan uang nasabah untuk kepentingan pribadi, Uang tersebut termasuk pelunasan dari tujuh nasabah kredit usaha rakyat, satu nasabah pinjaman kupedes, dan satu nasabah ultra mikro, dengan total senilai Rp254.230.000.

Selain itu, dia juga menggunakan uang hasil Kredit Usaha Rakyat dari 15 nasabah, termasuk 11 nasabah KUR, 3 nasabah pinjaman kupedes, dan 1 nasabah lainnya, senilai Rp381.000.000, DAP bin NMRN juga diduga terlibat dalam pengadaan kredit KUR fiktif atau topengan pada 28 nasabah, dengan total senilai Rp1.441.000.000, potensi kerugian negara akibat perbuatan tersebut mencapai Rp2.076.230.000.

Pelanggaran Hukum,  perbuatan DAP bin NMRN dianggap melanggar Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Nomor 1 tahun 2022 tentang pedoman pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat.

Penangkapan DAP bin NMRN didasarkan pada Surat Perintah Penyidikan yang dikeluarkan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung, meskipun awalnya masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), DAP bin NMRN bersikap kooperatif saat diamankan.

Jaksa Agung melalui program Tabur Kejaksaan meminta jajarannya untuk memonitor dan menangkap buronan lainnya untuk dilakukan eksekusi demi kepastian hukum,  seluruh buronan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejaksaan RI diimbau untuk menyerahkan diri dan mempertanggungjawabkan perbuatannya, penangkapan DAP bin NMRN oleh Tim Tabur Kejaksaan Agung.

Editor : Abdullah

Sumber : Kejagung

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1