83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

Lampaui Tiongkok dan Korsel, PMI Manufaktur Indonesia Meningkat Jadi 53,7

Nasional

Lampaui Tiongkok dan Korsel PMI Manufaktur Indonesia Meningkat Jadi 53.7
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Pelepasan Ekspor ke Pasar Global Tahun 2020, Jumat (04/12/2020) secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. (Foto: Biro Pers Setpres/Rusman) Read more: https://setkab.go.id/lampaui-tiongkok-dan-korsel-pmi-manufaktur-indonesia-meningkat-jadi-537/

Regalia News – Industri pengolahan nonmigas di Indonesia pada awal tahun 2022 menunjukkan beberapa indikator positif, menggambarkan kondisi ekonomi yang mendukung pertumbuhan sektor manufaktur. 

Pertumbuhan Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia pada bulan Januari 2022 mencapai 53,7, menunjukkan bahwa industri manufaktur berada dalam tahap ekspansif, Angka di atas 50 menandakan pertumbuhan sektor manufaktur.

Perbandingan dengan Negara ASEAN, PMI Manufaktur Indonesia (53,7) melampaui rata-rata PMI Manufaktur negara-negara ASEAN lainnya, seperti Malaysia (52,8), Filipina (50,0), Korea Selatan (51,9), Rusia (51,8), dan Tiongkok (49,1).

Optimisme Pelaku Industri Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan bahwa hasil positif ini menjadi indikator bahwa pelaku industri semakin optimis terhadap kondisi ekonomi saat ini.

Dibanding Bulan Sebelumnya Capaian pada bulan Januari 2022 naik dibanding Desember tahun lalu yang berada di level 53,5, Melampaui PMI Manufaktur rata-rata negara ASEAN yang sebesar 52,7.

Pemerintah berkomitmen untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif meskipun dihadapi tekanan gelombang ketiga pandemi COVID-19, Kebijakan strategis, termasuk stimulus bagi pelaku industri, telah diterapkan untuk mendukung produksi dan daya saing.

Kontribusi Ekspor dan Investasi Industri manufaktur memberikan kontribusi besar dalam hal ekspor, menyumbang 76,49 persen dari total ekspor nasional pada tahun 2021, Realisasi investasi di sektor manufaktur juga mengalami peningkatan pada tahun 2021.

Ketenagakerjaan Sektor industri manufaktur menunjukkan pemulihan dalam penyerapan tenaga kerja, Pada tahun 2021, terjadi penambahan penyerapan tenaga kerja sebanyak 1,2 juta orang, meningkatkan jumlah total tenaga kerja di sektor ini menjadi 18,64 juta orang.

Ekspektasi Positif untuk Masa Depan, Sentimen keseluruhan di sektor manufaktur Indonesia tetap positif pada bulan Januari, dengan harapan bahwa situasi COVID-19 akan terus membaik, mendukung pertumbuhan ekonomi.

Informasi ini mencerminkan stabilitas dan pertumbuhan sektor manufaktur Indonesia pada awal tahun 2022, didukung oleh komitmen pemerintah, kontribusi ekspor yang signifikan, dan optimisme pelaku industri.

Sumber : HUMAS KEMENPERIN

 

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1