83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 23, 2024
https://www.regalianews.com

La Nyalla Mattalitti: Jangan Berdalih Gross Split, Abaikan Mitra BUMN

Nasional

La Nyalla Mattalitti: Jangan Berdalih Gross Split, Abaikan Mitra BUMN
Libatkan juga Pemda secara aktif dalam proses transisi ini, sehingga semuanya lancar dan tidak terjadi kendala lapangan.Selasa (1/9/2020)

Regalia News – Pertamina Hulu Rokan (PHR) diminta untuk tetap memperhatikan mitra bisnis atau vendor dari pengusaha lokal di Provinsi Riau. Selain itu, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menekankan pentingnya memastikan tenaga kerja perminyakan, khususnya tenaga kerja lokal eks PT Chevron Pacific Indonesia (CPI), tetap dipekerjakan setelah PHR menggantikan CPI sebagai operator Blok Rokan.

LaNyalla menyatakan bahwa PHR harus fokus pada dua hal, yaitu tenaga kerja dan kerjasama dengan pemerintah daerah serta stakeholder lokal. Ia memahami bahwa PHR harus bekerja efisien dan ekonomis, namun tetap menekankan pentingnya memprioritaskan mitra lokal, terutama BUMN dan anak cucunya, dalam kerjasama.

Sebab, di mata LaNyalla, BUMN dan anak cucunya, semangatnya ada dua, pertama penugasan pemerintah, kedua ketika swasta tidak mampu,kalau apple to apple pasti BUMN dan anak cucunya pasti bisa lebih murah, karena mereka punya induk dan holding, dan bisa melakukan subsidi silang.“jangan karena alasan menganut rezim gross split, lantas meninggalkan vendor lokal,” tandasnya.

Ketua DPD RI juga memberikan peringatan kepada PHR agar belajar dari proses alih kelola Blok Mahakam dari TOTAL ke Pertamina, yang sempat mengalami penurunan produksi. Ia menekankan perlunya komunikasi intensif dengan SKK Migas, Pemda, dan CPI untuk menjaga kinerja lifting minyak dan memastikan proses transisi berjalan dengan baik.

Ricardo Perdana Yudantoro, Presiden Direktur PHR, mengeluhkan beberapa hambatan teknis dalam persiapan transisi alih kelola, terutama terkait penyiapan titik sumur baru di lokasi saat ini. LaNyalla meminta agar SKK Migas melibatkan Pemda secara aktif dalam proses transisi, terutama terkait klaim kepemilikan tanah dan masalah lainnya terkait jalur pipa minyak ke Pelabuhan Dumai.

Kunker (kunjungan kerja) tersebut melibatkan beberapa senator dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Senator asal Riau dan Senator asal Sumatera lainnya.

Editor ; Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1