83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

Dalam Seminggu Bea Cukai Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal Senilai Rp1.44 Miliar

Hukum & Kriminal

Dalam Seminggu Bea Cukai Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal Senilai Rp1.44 Miliar
Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal Senilai Rp1.44 Miliar

Regalia News – Operasi Gempur Rokok Ilegal yang dilakukan oleh Bea Cukai Malang pada 21 Oktober 2023 berhasil menindak truk yang diduga mengangkut rokok ilegal di area Krebet, Kecamatan Bululawang. Petugas Bea Cukai Malang melakukan patroli darat setelah mendapatkan informasi terkait keberadaan truk tersebut.

Gunawan Tri Wibowo, Kepala Kantor Bea Cukai Malang, menyatakan bahwa petugas berhasil menemukan truk yang diduga membawa rokok ilegal dalam operasi tersebut. Tindakan ini merupakan bagian dari upaya untuk melindungi masyarakat di wilayah pengawasan Bea Cukai Malang dari peredaran barang ilegal dan berbahaya.

Selain itu, informasi yang diberikan tidak mencantumkan rincian lebih lanjut mengenai hasil operasi tersebut, seperti jumlah rokok ilegal yang berhasil disita atau tindakan lebih lanjut yang diambil terhadap pihak yang terlibat. Bea Cukai Malang kemungkinan akan terus melakukan operasi serupa untuk menanggulangi peredaran rokok ilegal di wilayahnya.

Dalam operasi pasar sebelumnya, petugas Bea Cukai Malang telah berhasil menyita sejumlah 2.700 batang rokok ilegal dari beberapa toko yang ditelusuri. Pada operasi terhadap sebuah jasa ekspedisi, ditemukan 191.600 batang rokok ilegal.

Gunawan, juru bicara petugas Bea Cukai Malang, menyatakan bahwa perkiraan nilai barang yang diringkus mencapai lebih dari Rp1,44 miliar. Potensi kerugian negara akibat peredaran rokok ilegal ini ditaksir mencapai Rp768 juta.

Seluruh barang bukti, termasuk 2.700 batang rokok dari toko dan 191.600 batang rokok dari jasa ekspedisi, telah diamankan dan dibawa ke Kantor Bea Cukai Malang. Langkah-langkah selanjutnya melibatkan pemeriksaan dan pemrosesan lebih lanjut sesuai dengan ketentuan di bidang cukai.

Tindakan ini bertujuan untuk menindaklanjuti pelanggaran hukum terkait peredaran rokok ilegal dan menegakkan aturan serta ketentuan yang berlaku di bidang cukai.

Dengan berhasilnya operasi ini, diharapkan dapat memberikan efek jera terhadap pelaku peredaran rokok ilegal dan sekaligus melindungi penerimaan negara dari potensi kerugian akibat kegiatan ilegal tersebut.

Editor : Abdullah

Sumber :  Admin Web Bea dan Cukai

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1